Oleh : Muhammad Abu Nadlir
Surat ini merupakan surat yang ke- 26 yang diterima Rasulullah dan surat ke 91 berdasarkan urutan Mushaf al-Qur’an. Terdiri dari 15 ayat. Surat ini termasuk surat Makkiyyah.
Surat ini merupakan surat yang ke- 26 yang diterima Rasulullah dan surat ke 91 berdasarkan urutan Mushaf al-Qur’an. Terdiri dari 15 ayat. Surat ini termasuk surat Makkiyyah.
- Asbabun Nuzul Surat Asy-Syams
Tujuan utama surah
ini diturunkan adalah anjuran untuk melakukan aneka kebajikan dan menghindari
keburukan-keburukan. Itu ditekankan dengan aneka sumpah yang menyebut sekian
macam hal agar manusia memerhatikannya guna mencapai tujuan tersebut sebab,
kalau tidak, mereka terancam mengalami bencana sebagaimana yang dialami oleh
generasi terdahulu. Sebagaimana pembangkangan kaum Tsamud yang menyembelih unta
yang mereka minta supaya keluar dari batu. Padahal Nabi Shalih AS. berpesan
agar mereka menjaganya dan memberinya minum.
1) Demi matahari dan cahayanya di pagi
hari,
2) Dan bulan ketika telah
mengiringinya,
3) Dan siang ketika telah
menampakkannya,
4) Dan malam ketika
menutupinya,
5) Dan demi langit serta pembinaannya,
6) Dan bumi serta penghamparannya,
7) Dan demi
jiwa serta penyempurnaanya,
8) Lalu Allah mengilhaminya kedurhakaan dan ketakwaannya,
9) Sungguh telah beruntunglah siapa yang mensucikannya,
10) Dan sungguh merugilah siapa yang
memendamnya,
11) Tsamud telah mendustakan Rasul mereka karena mereka melampaui batas,
12) Ketika bangkit orang
yang paling celaka di antara mereka,
13) Maka berkatalah kepada mereka Rasul Allah (Shalih):
("Biarkanlah) unta betina Allah dan minumannya",
14) Lalu mereka
mendustakannya dan menyembelih unta itu, maka membinasalah mereka oleh Tuhan
mereka disebabkan dosa mereka, lalu Allah menyama-ratakan mereka (dengan tanah),
15) Dan Dia tidak
takut akibatnya,
- Kosakata
Kata Talaahaa terambil dari kata talaa yang berarti mengikuti. Kalimat tilaawah al-Qur’an yang
seakar dengan kata talaa antara lain dipahami
dalam arti mengikuti bacaan al-Qur’an dengan pengamalannya.
Kata fa alhamahaa terambil dari kata al-lahm yang berarti menelan sekaligus. Dari sini lahir
kata ilham.
Ilham atau intuisi datang secara tiba-tiba tanpa disertai analisis
sebelumnya, bahkan kadang-kadang tidak terpikirkan sebelumnya. Kedatangannya bagaikan kilat dalam sinar dan kecepatannya, sehingga manusia tidak dapat
menolaknya, sebagaimana tidak dapat pula mengundang kehadirannya. Potensi ini ada pada
setiap insan, walaupun peringkat dan kekuatannya
berbeda antara seseorang dengan yang lain.
Kata ilham dipahami dalam arti pengetahuan yang diperoleh
seseorang dalam dirinya, tanpa diketahui secara pasti dari mana sumbernya. Ia serupa dengan rasa lapar.
Kata aflaha
terambil
dari kata al-falh yang berarti membelah. Dari sini petani
dinamai al-fallaah karena dia mencangkul untuk membelah tanah
lalu menanam benih. Benih
yang ditanam petani menumbuhkan buah yang diharapkannya.
Dari
sini agaknya sehingga yang meperoleh apa yang diharapkan dinamai
falaah dan hal tersebut tentu melahirkan kebahagiaan yang juga menjadi
salah satu makna falaah.
Kata Khaaba
digunakan untuk menggambarkan usaha yang tidak bermanfaat
atau tidak sukses.
Kata damdama
berarti menggoncang bangunan sehingga menjadi rata
dengan tanah, atau meratakan
dengan tanah.
- Pesan Surat Asy-Syams
- Surat ini menjelaskan bahwa kebahagiaan manusia adalah dengan menyucikan dan mengembangkan dirinya dengan pengembangan yang baik serta menghiasinya dengan ketakwaan dan menghindarkannya dari segala kedurhakaan. Sebaliknya, ketidakberhasilan meraih sukses adalah dengan memendam potensi positif itu. Ini dibuktikan oleh surah ini dengan pengalaman pahit generasi terdahulu.
- Surah ini berbicara menyangkut hakikat jiwa manusia serta potensi naluriahnya yang suci, peranan manusia terhadap dirinya, dan tanggung jawabnya menyangkut kesudahan hidupnya. Hakikat tersebut dikaitkan oleh surah ini dengan hakikat-hakikat yang terdapat di alam raya serta kenyataan-kenyataannya, dan mengemukakan contoh dari kekecewaan yang menimpa mereka yang tidak menyucikan jiwanya.
- Kaum Tsamud telah dihancurkan oleh Allah karena kedurhakaan mereka. Sungguh sangatlah mudah bagi Allah untuk melakukan hal itu, sebagaimana mudahnya Allah SWT menciptakan alam, siang dan malam, dan segala isi bumi; Allah memberitahukan kepada manusia jalan ketakwaan dan jalan kekafiran; manusia mempunyai kebebasan memilih antara kedua jalan itu.
+ comments + 1 comments
Apakah kamu sudah tau prediksi togel mbah jambrong yang jitu? bila belum baca Prediksi jitu mbah jambrong
Posting Komentar