Retorika Abu Nadlir

Yang ditulis kan subur hidup di kalbu. Yang dikata kan cerah bermakna di jiwa. Yang diajar kan membekas dalam sejarah dan selepasnya!

SURAT AZ-ZALZALAH (KEGONCANGAN)

Kamis, 05 Februari 20150 comments



Surat ini merupakan surat yang ke-93 yang diterima Rasulullah dan surat ke 99 berdasarkan urutan Mushaf al-Qur’an. Terdiri dari 8 ayat. Surat ini termasuk surat Madaniyyah.

v Asbabun Nuzul Surat az-Zalzalah
Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Sa’id bin Jubair bahwa ketika turun ayat 8 kaum Muslimin menganggap bahwa orang yang bersedekah sedikit  tidak akan memperoleh pahala; orang yang berbuat dosa kecil, seperti berbohong, mengumpat, mencuri penglihatan, dan sebagainya tidak bercela; serta menganggap bahwa ancaman neraka dari Allah hanya disediakan bagi orang-orang yang berbuat dosa besar. Maka turunlah ayat az-Zalzalah 7-8 sebagai bantahan terhadap anggapan mereka itu.
إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا (1) وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا (2) وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا (3) يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا (4) بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا (5) يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ (6) فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ (7) وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ (8)
Apabila bumi diguncangkan dengan goncangan,(1) Dan bumi telah mengeluarkan beban beratnya,(2) Dan manusia bertanya “apa yang terjadi baginya”?,(3) Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya,(4) Karena sesungguhnya Tuhanmu telah mewahyukan kepadanya,(5) Pada hari itu manusia kembali dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam; supaya diperlihatkan amal-amal mereka,(6) Maka barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihatnya,(7) Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihatnya pula,(8)

v Kosakata
Kata idzaa digunakan al-Qur’an untuk “sesuatu yang pasti akan terjadi”.
Zulzil, berarti “bergoncang”.
Yashdur, berarti “keluar dari  satu tempat berkumpul”.
Dzarrah, berarti “semut yang kecil pada awal kelahirannya” atau “kepala semut” atau “debu yang terlihat beerbangan di celah cahaya matahari yang masuk melalui lubang jendela” atau “sesuatu yang kecil”.

v Pesan Surat az-Zalzalah
1.     Awal surat ini menguraikan tentang goncangan bumi yang sangat dahsyat dan bahwa ketika itu seluruh yang terpendam di dalam perut bumi  dikeluarkan sehingga nampak dengan nyata.
2.     Akhir surat ini menjelaskan tentang nampaknya segala sesuatu dari amal manusia sampai dengan yang sekecil-kecilnya sekalipun.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Retorika Abu Nadlir - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger