Retorika Abu Nadlir

Yang ditulis kan subur hidup di kalbu. Yang dikata kan cerah bermakna di jiwa. Yang diajar kan membekas dalam sejarah dan selepasnya!

SURAT AL-QADR (KEMULIAAN)

Sabtu, 21 Februari 20150 comments


Surat ini merupakan surat yang ke-25 yang diterima Rasulullah dan surat ke 97 berdasarkan urutan Mushaf al-Qur’an. Terdiri dari 5 ayat. Surat ini termasuk surat Makkiyyah. 




  •  Asbabun Nuzul Surat Al-Qadr

Riwayat Ibnu Abi Hatim dan al-Wahidi, bersumber dari Mujahid bahwa Rasulullah SAW pernah menyebut-nyebut bani Israel yang berjuang fii sabilillah menggunakan senjatanya selama seribu bulan terus menerus. Kaum Muslimin mengagumi perjuangan orang tersebut. Maka Allah menurunkan surat al-Qadr 1-3 yang menegaskan bahwa satu malam Laitatul Qadr lebih baik daripada perjuangan bani Israel selama seribu bulan itu.

Riwayat Ibnu Jarir, bersumber dari Mujahid bahwa di kalangan bani Israel terdapat seorang laki-laki yang suka beribadah malam hari hingga pagi dan berjuang memerangi musuh pada siang harinya. Perbuatan itu dilakukannya selama seribu bulan. Maka Allah menurunkan ayat ini (al-Qadr 1-3) yang menegaskan bahwa satu malam Lailatul Qadr lebih baik daripada amal seribu bulan yang dilakukan seorang laki-laki dari bani Israel tersebut.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya pada malam al- Qadr, (1) Dan apakah yang menjadikan engkau tahu apakah Lailatul Qadr?, (2) Lailatul Qadr lebih baik dari seribu bulan, (3) Turun malaikat- malaikat dan Ruuh padanya dengan izin Tuhan mereka, untuk mengatur segala urusan, (4) Salam ia sampai terbitnya fajar, (5)"



  •  Kosakata
Anzala, terambil dari kata nazala yang berarti “turun” atau “berpindah dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah”.
Perbedaan kata inzaal, nuzuul dan tanziil sebagai berikut:
1.   Kata inzaal dari kata anzala. Yakni diturunkannya Al-Qur’an ke lawh al-mahfuuzh dalam wujud prototip kitab suci.
2.Kata Nuzuul  dari kata nazala. Berarti proses Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang membutuhkan waktu 23 tahun.
3. Kata Tanziil  dari kata nazzala. Berarti proses pembumian Al-Qur’an kedalam realitas kehidupan.
Qadr, berarti “penetapan, pengaturan, kemuliaan, sempit”.
Salaam, berarti “kebebasan dari segala macam kekurangan”.


  • Pesan Surat Al-Qadr
  1. Surat Al-Qadar ini berbicara tentang turunnya Al-Quran, dan kemuliaan malam yang terpilih sebagai malam Nuzul Al-Quran.
  2. Bulan Ramadhan memiliki sekian banyak keistimewaan, salah satunya adalah Lailat Al-Qadar, suatu malam yang oleh Al-Quran "lebih baik dari seribu bulan." 
  3. Akhir surat ini berbicars tentang keselamatan serta kedamaian hanya dapat diraih oleh mereka yang mengikuti tuntunan kitab suci yaitu Al-Qur’an 


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Retorika Abu Nadlir - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger